Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Sabtu, 19 Februari 2011

Hollywood Menghentikan Peredaran Filmnya di Indonesia, Apakah Hp7 Part. 2 Juga Tidak Akan Tayang?

Semua menantikannya, semua mempersiapkannya, tapi apakah yang akan dinantikan itu akan hadir? Dan apakah yang dipersiapkan akan berjalan dengan mulus?

Harry Potter and the Deathly Hallows, sebuah judul dari seri terakhir ‘Harry Potter’ yang filmnya dibagi menjadi 2 Part, dan kini, film Part ke 2 yang rencananya akan dirilis pada Juli 2011 ini sedang menjadi topik para Harry Potter Freaks, karena baru-baru ini telah beredar kabar yang menyebutkan bahwa industri film Hollywood menghentikan semua peredaran filmnya di Indonesia karena masalah biaya tambahan dari Dirjen Bea Cukai.

Semua terkejut, semua merasa kecewa akan adanya berita tersebut, kini para HPF sedang bertanya-tanya, apakah dengan ini artinya film terakhir dari seri ‘Harry Potter’ yang berjudul “Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. II” juga tidak akan ditayangkan di Indonesia? Bagaimana jika seandainya benar-benar tidak akan ditayangkan? Sungguh miris dan menyedihkan jika itu terjadi. Tidak usah membayangkan masa depan, saat ini saja, dalam daftar Coming Soon situs 21 Cineplex, tidak ada satu pun judul film luar negeri! Yang ada hanya judul-judul film Indonesia yang kebanyakan bertema horror tapi akhirnya menjurus kepada hal-hal yang bersifat dewasa.

Tindakan mereka menentang kebijakan baru dari Dirjen Bea Cukai yang membebankan bea masuk atas hak distribusi film impor. Karena menurut mereka itu adalah itu sesuatu tidak lazim dan tidak pernah ada di industri film manapun di dunia," kata Noorca Masardi, Juru Bicara 21 Cineplex, kepada DetikHot. Ia menjelaskan, sebelumnya ada 3 ketentuan produsen film asing yang ingin menayangkan filmnya di bioskop Indonesia. Pertama, mereka harus membayar bea masuk barang berupa copy pita film ke Indonesia. Pajaknya berupa PPh dan PPn sebesar 23,75 persen dari nilai barang. Kedua, setelah ditayangkan di bioskop, mereka harus membayar PPh (Pajak Penghasilan) dari keuntungan eksploitasi film mereka yang diputar di Indonesia. Dan ketiga, produsen film tersebut juga ada beban pajak tontotan terhadap Pemerintah Kota atau Kabupaten. Besarnya 10 sampai 15 persen dari keuntungan penjualan tiket. "Itu wajar. Sekarang yang tidak wajar adalah pemerintah membebankan pajak baru berupa bea masuk atas hak distribusi yang besarnya sama, 23,75 persen atas nilai barang. Ini tidak ada di negara mana pun," jelasnya. Itu berarti, selama Dirjen Bea Cukai masih memberlakukan pajak itu, Hollywood tidak akan mengedarkan produksi filmnya di Indonesia. "Ini akan selama-lamanya, selama pihak Dirjen Pajak tidak lunak," papar Noorca.

Apa yang akan terjadi jika seandainya itu benar-benar menjadi kenyataan? Orang Indonesia akan penasaran, akan melakukan apa saja demi menonton film favoritnya, termasuk membeli VCD/DVD bajakan, mendownload di Internet, atau bahkan bisa saja pergi keluar negeri hanya untuk nonton?

Lalu apa komentar dari para Harry Potter Freaks tentang kabar tersebut?

Pemerintah sekarang lagi rajin cari keuntungan. Dari BB belum cukup, sekarang dari film Hollywood. Kalau sampe film barat ga masuk sini, dampaknya bioskop hanya akan dibanjiri oleh film horror mesum yang herannya ga pernah ditanggapi serius oleh pemerintah sebagai salah satu alat perusak mental bangsa” (Haryadhi - Penyiar Radio Online 'Berisik Radio')

PEMERINTAH MATA DUITAN !!!!” (Safriyani Mourint - Facebook)

Pasti deh owner bioskop-bioskop pada teriak-teriak, satu langkah lagi menuju kehancuran bangsa, ga da abis-abisnya perturan konyol dibuat pemerintah, daripada gitu mending gedein pajak kendaraan pribadi biar orang-orang lari ke kendaraan umum, dijamin iklim di Indo ga sepnas ini sekaligus bantu mengatasi global warming.” (Angki Pratiwi - Facebook)

Menurutku si aneh banget.. Aku lebih milih film luar negeri yang berbobot daripada film-film Indo tapi tiap hari cuma nayangin genre horor ga jelas.. Huft...” (Fatimah Az-zahra - Facebook)

Menurut prediksi Sybill Trelawney atas nasihat dari Cassandra Veblatski, kondisi ini tidak akan bertahan lama, tidak cukup lama sampai perilisan HP DH Part. 2 bulan Juli nanti. Pemerintah kita akan segera sadar dan film luar akan kembali ditayangkan di Indonesia.” (Hedva Marius Black - Facebook)

Mengecewakan, seperti jaman penjajah aja..” (@fifi_yulinda - Twitter)

Indonesia akan menjadi negara terkatrok di dunia..” (@valentnuzz - Twitter)

Semakin jadi negeri tertinggal” (@ibnurahman - Twitter)

INDONESIA ADALAH NEGARA YANG PALING MENGERTI KEBAHAGIAAN RAKYATNYA!!” (@nonnabungsu - Twitter)

Itulah, beberapa komentar yang HPFI dapatkan dari orang-orang, dan semuanya menyatakan tidak setuju dengan kabar tersebut, begitu juga dengan saya, saya harap ini berakhir, saya harap pemerintah tidak egois untuk mengambil keputusan seenaknya tanpa memikirkan apa yang akan terjadi jika itu terjadi. Dan semoga Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2 akan tayang di Indonesia sesuai jadwal, yaitu tanggal 15 Juli 2011./ Rifky. A. F

Baca juga "Hollywood Menghentikan Peredaran Filmnya di Indonesia, Apakah Hp7 Part. 2 Juga Tidak Akan Tayang? (2)"

36 komentar:

  1. wah..gimana nih nasib harry Potter part II??? :(
    kok bisa-bisanya pemerintah buat ketentuan seperti itu....emang pengen cari keuntungan aja...

    BalasHapus
  2. mari kita kembali ke jaman batu..flinstoone -_____-"

    BalasHapus
  3. udah aja kembali ke jaman batu, indonesia ga usah ada bioskop krn bea cukai kemaruk,krn kasus gayus jd nyari cara naikin pajak tp ga pikirin kepentingan orang banyak

    BalasHapus
  4. orang-orang penggemar HP akan memberontak karena stress ngak nonton Harry Potter 7 Pt2

    BalasHapus
  5. wah gawat donk jika masalah ni belum selesai juga sampai releasenya harpotv7 part II.Bakal membuat kecewa semua pecinta film dan Potter Freak di Indonesia.Ayo donk pemerintah jangan cari uang saja turuti rakyatmu.

    BalasHapus
  6. tenang sja kta bsa minjem kasetn nya

    BalasHapus
  7. Wah,,kalau tdk baisa nonton film barat atau Harry Potter part 2, pemerintah akan didemo habis-habisan sama pencinta film barat nich,,, Harap pemerintah memikirkan ulang rencananya yang mata duitan

    BalasHapus
  8. Nggak cuma HPF, penggemar film" hollywood laen pasti akan kecewa jga. Hrusnya masalah ini mendapat perhatian serius, dan semoga bisa selesai tepat waktu..

    BalasHapus
  9. ANDIKA

    Sempet gak bisa tidur gara-gara denger film hollywood ga bisa tayang diindonesia apalagi juli ini film yang gw tunggu2 bakal keluar kaya harry potter part 2,transformer 3,green lantern,mungkin ga bakal lg gw nonton film2 di21 selamanya filmnya ga ada yang seru,apalagi indonesia selalu bikin horror berbau seks,pemerintah kurang bijaksana menghadapi kejadian ini.(kecewa berat ):(

    BalasHapus
  10. Ambar

    Memangnya dengan menaikan bea impor atau pajak untuk film barat akan memajukan perfileman Indonesia? liat sekarang, adakah filem Indonesia yang mampu menyaingi filem Transformer, atau paling tidak film cartoon seperti Toy Story, atau Ice Age? benar-benar bukan keputusan yang bijak..

    BalasHapus
  11. pasti karna masalah pajak begini , di tiap pihak pasti bakal kecewa mendengar kabar ini. di pihak penonton padahal udah nunggu film ini dari waktu yang lama, di bagian pemilik bioskop merasa takut kalau penonton berkurang dalam skala besar karna tidak ada pemasukan film dari luar negeri dan yang ada hanya film indo, di bagian pencipta film indo gabisa ambil sampel/contoh gimana menjadikan tingkat film negeri kita mencoba disamakan dengan film luar negeri.

    makanyaa, ceet tuntasin aja maslah ni, saya yang jadi konsumen juga kecewa gara2 masalah inii ..

    BalasHapus
  12. Tak cukupkah Kalian (Pemerintah) memeras hak dan kebahagian Rakyat Indonesia? Demi mencari keuntungan semata???!!!!
    Kalo begini keadaannya, sama dengan waktu zaman penjajahan dulu...
    Bedanya yang menjajah adalah Pemerintah sendiri!!!

    BalasHapus
  13. pemerintah kerajinan klo stopin flim hollywood mnding urusin aja dlu tuh koruptor yg lgi ngambilin duit rakyat....

    BalasHapus
  14. indonesia tenggelam aja klo harry potter gak masuk!! TAMAK bgt lu!! SERAKAH!!

    itulah susahnya ngangkat orang gak berotak menduduki jabatan, yang dipikirin kantongnya dewek.ckckckckck

    nasib sial jd warga Indonesia. knp gk lahir d Amrik sh dulu??

    BalasHapus
  15. rere : apaan film barat g kan tanyang????
    HP part II film yg paling d tunggu2 nih,,
    masa qta d suruh nonton film indonesia yang g da mutunya????

    haeeeehhhh,,,, cpek deh,,,,

    BalasHapus
  16. Katanya filmny kluar tgl 13 juli 2011 di indonesia

    ane liat di www.releasedatein.com

    BalasHapus
  17. sudah di pastikan ko g akan keluar di indonesia,,,,,,,,super kecewa banget

    BalasHapus
  18. aku mah cuma bisa berdoa ..
    I HATE THE GOVERNMENT OF INDONESIA !!!
    panteslah gak bisa bayar pajak, wong duitnya di KORUPSI TERUSS !!!!

    BalasHapus
  19. buat tambahin korupsi aja nih pemerintah dengan adanya pajak tambahan kagak malu yah sama orang luar negri

    BalasHapus
  20. wah bener bener deh klo yg begini aja mpe ga msk indonesia, cukup tau sm pemerintahan indonesia yg katanya tercinta ini, ternyata egois dan cm mementingkan diri sendiri, katanya negara berkembang, hal sekecil ini aja ga bs diatasi dg baik, malah merugikan byk pihak, bener aja ga maju2, kliatan kan siapa yg bikin negara sendiri ga maju!!!!

    BalasHapus
  21. ngeselin abis emang. indo ujung2nya cuma ngeluarin film2 genre horor yg sbnernya isinya buat orang2 dewasa smua, ngk bermutu, cuma gara2 biaya pembuatannya kecil. ngk mau ngluarin duit bgt tpi pengen untung banyak. pdahal kl misalnya masukin film luar negeri kyk harry potter bisa mnghsilkan keuntungan yg lebih besar dan emang udh ketawan bagus gitu filmnya. mau gimana maju coba bangsa kita kl diliatinnya film2 yg genrenya horor ngk jelas. padahal kl pajak ngk dinaikin kan bisa untung jg. bngung sama jalan pikir 'mereka'.

    BalasHapus
  22. buat KORUPSI aja mampu, kok buat satu film aja nggak ada yang mau.........

    BalasHapus
  23. idih sumpah nyebelin banget siih!!!!! para muggle indonesia harus nge-curse pemerintah indo!!! kasih imperius curse tuh!! asaan berita di indonesia ga pernah bagus, pembunuhan lah, pemerkosaan lah, kebakaran and sekarang berita Harry potter yang ga bakal keluar, the worst news ever!!!!! mending film barat dari pada film indo yang ga jelas. haaah... damai banget yah indonesia. nyadar woooy jangan korupsi mulu, mati juga ga akan dibawa ke alam sana

    by
    801

    BalasHapus
  24. mari kembali ke zaman batu,,,, pemerintah kyakx lebih suka klo kita masyarakatnya makin katro,,,,

    BalasHapus
  25. Ah..emang pemerintah zaman sekarang mah, mau untung doang sendiri doank,, buat masyarakat mah 0.. makanya gak usah pada ikut pemilu, biar pada sadar klo mreka tuh gk diharapkan memeimpin...

    BalasHapus
  26. DI iklan TV cable aku liat tayang di Asia tanggal 15 bulan Juli ini, termasuk ada Indonesianya...tapi kok jadi was2 yah, sampe sekarang di web 21cineplex kok sama sekali gak nongol hiks, parahhhhh...moso musti ke SIngapore, anak pejabat aja tuh yang kesampean kesana mah :(

    BalasHapus
  27. donlod lah...tapi gak seseru nonton di bioskop...huuuft

    BalasHapus
  28. Intan :

    ahh .. masa HP 7 part 2 belum ada di INDONESIA .. !! apa-apaan sih .. ga bagus banget ... padahal udah di tunggu-tunggu malah ga ada di INDONESIA ...

    BalasHapus
  29. mati aja dah indonesia klo sampe film" favorit gw ga jadi tayang, rugi rasanya lahir di indonesia klo pemrintahnya kek gini, muak, perut ma kantong sndiri trus dipikirin otak ga dipake, sumpah nyesel sejadi jadinya hidup di sini, mana bisa film indo nyaingin kualitas film luar, yg ada cuma film" perusak moral dan mental bangsa, pemerintah ga punya otak, ga ada hati, makan tuh duit" kotor kalian

    BalasHapus
  30. hari ini tanggal 15.. blm tayang kan? msh coming soon! ckckckc... indo payah!!!!

    BalasHapus
  31. 3D, man!! masalahnya ini 3D! kl bkn 3D ntn di dvd gpp deh.. damn!! gw udh hampir frustasi mikirin harry potter part 2 gk kluar!! ckckck.. sekalinya keluar, telad! n gk tau tanggal pastinya lagi..

    buat yg punya ni blog, kl udh tau tanggal pastinya kapan kluar dsni, kabar"in boss..

    BalasHapus
  32. pemerintah tidak adil,.,,, tidakseharusnya dilarang,,,,,,,,,
    harus tetap ditayangkan,,,,,sesuai jadwal donk ,,,,,,,,,,,,,,,, PEMERINTAH TIDAK ADIL.!!!!!

    BalasHapus
  33. Kan enak kalo pemerintah didemo.........banyak tenaga kerja yg tadinya melayani dibioskop2 terancam dPHK karena kurangnya peminat bioskop. Tapi itulah yg dianggap bijak oleh pemerintah Indonesia...............apa seh yg bisa dibuat pemerintah, selain ngecewain rakyatnya dalam segala hal, termasuk dunia film ?? Kalo aja ditengah2 hebohnya Harry Potter ini ada moment PEMILU, pasti film tersebut akan tep tayang.....yaaaah kan pemerintahnya akan mencari jalan sebagai sarana suksesi kjabatan berikutnya.........

    BalasHapus
  34. menurut berita kawan, harpot tetep bakalan tampil di indonesia wlapun melenceng dari jadwal asli. menurut jadwal harpot bakal kluar tgl 15 juli tpi kenyataannya harpot masih 2 minggu lagi tmpil. itu skitar awal bulan puasa.
    hadooohhh... gua bru tau brita ini setelah tiap hri tongkrongin mall cma buat liat jdwal pnyangannya aja! emang ya, negara ngaret tetep aja ngaret ga bisa disiplin waktu!

    BalasHapus
  35. @tiarabee
    ngapain juga repot2 ke mall, sekarang kan zaman dah maju tinggal buka lewat internet semuanya bisa kelihatan, merepotkan diri sendiri.
    kabarnya, kopiannya film harpot ma transformer dah ada di indo, besok tinggal penyensoran pertama, dikasih sub kira2 1-2hari, trs disensor lagi. hbs itu distribusi. kira2 5-6 hr bisa tayang di indonesia.

    BalasHapus
  36. esti richa palupi..

    coba aja liyat di daftar Coming Soon situs 21 Cineplex , Ada kok film barat, HARRY POTTER juga ada..


    love HARRY POTTER :>

    BalasHapus

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!