Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Kamis, 25 Agustus 2011

Minerva McGonagall


Jenis kelamin: Wanita
Asrama: Gryffindor
Keturunan: Half-blood
Aliansi: Order of Phoenix
Hogwarts
Diperankan oleh: Maggie Smith
Pemunculan pertama: Harry Potter and the Sorcerer's Stone.

Minerva McGonagall (lahir pada tanggal 4 Oktober 1935) adalah karakter fiksi dalam serial Harry Potter. Di awal cerita ia menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Hogwarts, kepala asrama Gryffindor, dan guru Transfigurasi (mata pelajaran yang dianggapnya paling kompleks dan paling sulit).

McGonagall berambut hitam (yang sudah beruban) dan selalu digelung rapi. Ia sering memakai jubah berwarna hijau zamrud dan bertampang galak. Dia memakai kacamata segi empat yang tetap membekas ketika ia berwujud animagus kucing. Dia juga menyukai motif kotak-kotak; bahkan gaun dan kaleng biskuitnya bermotif kotak-kotak, yang kemungkinan berasal dari leluhurnya Skotlandia. McGonagall adalah salah satu pengikut setia Dumbledore, yang selalu mendukungnya, dan tercatat sebagai anggota Orde Phoenix.

Peran McGonagall dalam film jatuh pada Maggie Smith.

Asal Usul Nama

Nama Minerva berasal dari nama Dewi Kebijaksanaan Roma (sangat cocok dengan watak McGonagall). Sedangkan nama belakangnya berasal dari seorang penyair eksentrik William Topaz McGonagall, yang sering disebut-sebut sebagai penyair terburuk dalam sejarah Inggris.

Peran Dalam Cerita

Pembaca diperkenalkan pada McGonagall di bab pertama Harry Potter and the Sorcerer's Stone, ketika ia bertemu Dumbledore di Privet Drive nomor 4, Little Whinging, Surrey. Dia adalah animagus pertama yang ditunjukkan dalam serial Harry Potter. Dalam bab ini diperlihatkan kepribadian McGonagall: pengasih (dia khawatir ketika Dumbledore memutuskan untuk meninggalkan Harry pada Keluarga Dursley segera setelah serangan Voldermort), tegas dan blak-blakan (dia mengkritik beberapa orang, termasuk Hagrid), serta tentu saja kapandaiannya (untuk menjadi Animagus sangat sulit, dan kadang membutuhkan waktu lama untuk menguasainya). McGonagall adalah staf Hogwarts yang mengatur upacara Topi Seleksi, dan ia mampu mendapatkan perhatian penuh dari murid-muridnya tanpa susah payah.

McGonagall sangat menyukai Quidditch. Ia ditempatkan sebagai pendamping komentator dalam pertandingan Qiudditch antar-asrama (untuk menegur komentator yang kadang memberikan komentar yang melenceng dari pertandingan) dan sebagai kepala Asrama Gryffindor, dia sangat peduli akan keberhasilan tim Gryffindor. Dalam buku pertama, ketika ia melihat Harry bisa menguasai sapu dalam pelajaran Terbang pertamanya, ia langsung merekomendasikan Harry untuk mengisi posisi Seeker, meskipun murid kelas satu sebenarnya belum diperbolehkan untuk bermain. McGonagall, meskipun sangat ketat terhadap peraturan, sering mendorong Harry untuk melakukan hal-hal yang sedikit menyimpang dari aturan sekolah. Ia sering menasehati Harry, misalnya ketika Harry berada di kelas 5, ia memperingatkan Harry bahwa Kementerian Sihir tengah mengawasi komunikasi masuk dan keluar Hogwarts. Dia juga pada waktu itu, salah satu staf Hogwarts yang jelas-jelas menunjukkan ketidaksukaannya pada Dolores Umbridge, dan tidak takut padanya. Professor McGonagall adalah anggota Orde Phoenix, dan memperingatkan Harry agar tidak memprovokasi Umbridge yang bekerja untuk Kementerian Sihir. McGonagall dan Umbridge memang tampak tidak saling menyukai, terlebih lagi ketika Umbridge senantiasa berusaha untuk menambah kekuasaannya. McGonagall sempat diserang oleh Umbridge dan kaki tangannya ketika menghalangi Umbridge yang berusaha mengusir hagrid dari Hogwarts. Dia sempat dirawat di St. Mungo dan kembali setelah pertempuran di Kementerian Sihir. Dalam beberapa kesempatan, misalnya ketika Umbridge menginspeksinya ketika mengajar, McGonagall cenderung tidak mengacuhkannya, bahkan sempat terlibat pertengkaran mulut ketika konsultasi karier Harry, dan meyakinkan Harry bahwa dia akan mendukung sepenuhnya keinginan Harry untuk menjadi Auror. Waktu Umbridge bertindak sebagai kepala sekolah, Harry yakin McGonagall mendesis kepada Peeves, si hantu jahil, ketika mencoba melepaskan kandelier, Putar ke arah sebaliknya. Dan waktu Umbridge diusir keluar dari Hogwarts, McGonagall meminjami tongkatnya, yang dipakai Peeves untuk memukuli Umbridge (dan melemparinya dengan kaus kaki penuh kapur).

Di buku ketujuh McGonagall masih mengajar transfigurasi di Hogwarts. Dan dia juga ikut bertempur di Pertempuran Hogwarts, ia menjadi salah satu pemimpin pasukan, yang memimpin sisa murid Hogwarts yang tinggal untuk ikut bertempur, staff Hogwarts, dan anggota-anggota Orde Phoenix saat melawan Voldemort. Kemungkinan dia memimpin pasukan ke Menara Gryffindor.

Sebagai mana yang di tulis di buku Kisah-Kisah Beedle Si Juru Cerita , McGonagall menjadi Kepala Sekolah dari Hogwarts setelah Pertempuran Hogwarts berakhir.

Beberapa data-data tambahan karakter:

- Tempat : Caithness, Scotland

- Ayahnya, Robert McGonagall, adalah Muggle

- Ibunya bernama Isobel McGonagall (dulunya Ross)

- Punya dua saudara laki-laki, Malcolm McGonagall dan Robert McGonagall Jr.

- Lebih muda dua tahun dari Pomona Sprout

- Topi seleksi butuh waktu lima setengah menit untuk memasukan McGonagall ke Gryffindor dengan pertimbangan Ravenclaw

- Minerva McGonagall sempat jatuh cinta pada usia 18 tahun dan bertunangan tanpa setahu keluarga pada seorang Muggle, Dougal McGregor yang tampan namun akhirnya memutuskannya karena dia menyadari susahnya menikah dengan Muggle setelah melihat ibunya.

- Setelah lulus, Minerva sempat berkerja di Departemen Pelaksanaan Hukum-Hukum Sihir selama dua tahun

- Desember 1956, McGonagall kembali ke Hogwarts dan mengajar Transfigurasi

- Menikah dengan Elphinstone Urquart pada tahun 1983. Elphinstone melamarnya (lagi) pada musim panas 1982 saat berjalan-jalan di tepi Danau Hogwarts. Minerva yang telah beberapa kali menolak karena masih cinta pada Dougal akhirnya menerima karena Dougal telah meninggal.

- Mereka tinggal di pondok kecil di Hogsmeade

- McGonagall terus menggunakan nama gadisnya, bukan nama suaminya (seharusnya Minerva Urquart) meskipun ditentang oleh para darah murni

- Menjadi Janda setelah suaminya meninggal akibat racun Tentakula pada tahun 1985, tiga tahun setelah pernikahan mereka

- Tidak tahan tinggal sendirian di pondok mereka, Minerva mengemasi barang setelah pemakaman suaminya dan kembali ke lantai pertama studinya di Hogwarts.

(Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia dan Pottermore)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!