Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Rabu, 23 Februari 2011

Pantauan Potter: "Metamorphagus, Shapeshifter Dalam Dunia Sihir"

Manusia yang bisa merubah wujudnya menjadi ‘sesuatu’ yang lain sudah ada dalam berbagai legenda dan cerita rakyat dari berbagai belahan dunia, termasuk dalam mitologi Yunani dan Romawi. Kemampuan seperti itu dikenal secara umum sebagai shapeshifting dan pelakunya disebut shapeshifter. Dalam dunia sihir Harry Potter ada dua jenis shapeshifter, yaitu Animagus dan Methamorphagus. Werewolf atau manusia serigala tidak termasuk karena perubahan fisik mereka terjadi tanpa kendali, Werewolf berubah wujud hanya pada saat bulan purnama dan mereka kehilangan kendali atas tubuh mereka. Werewolf yang bisa digolongkan sebagai shepeshifter mungkin Werewolf versi Stephani Meyer (Twilight Saga) dan Werewolf versi Charlain Harris (Sookie Stackhouse Chronicles). Jika Anda pernah membaca novel Harris atau menonton film seri adaptasinya, True Blood di channel HBO, selain Vampire dan Werewolf, ada juga jenis spesies yang khusus disebut sebagai Shapeshifter, salah satunya adalah karakter bernama Sam Merlotte.

Kembali ke Animagus dan Metamorphagus dalam dunia sihir, ada beberapa perbedaan antara keduanya, perbedaan yang paling mendasar adalah bahwa Animagi adalah bakat yang bisa dipelajari, sedangkan Metamorphagi adalah bakat alami. Jadi, seseorang bisa dilatih menjadi Animagus, tapi tidak bisa dilatih menjadi Metamorphagus.

Kali ini kita akan membahas Metamorphagus (Animagus sudah pernah dibahas di Pantauan Potter yang lain.) Jika Anda mendengar kata Metamorphagus, pasti Anda menyangka bahwa itu ada hubungannya dengan Metamorphosis. Ya, Anda tidak salah. Metamorphosis berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu ‘meta’ yang berarti ‘berubah/perubahan’, dan ‘morph’ yang berarti ‘bentuk’, suku kata terakhir pada kata metamorphosis merujuk pada binatang. Metamorphosis memang digunakan untuk mendeskripsikan perubahan pada binatang, misalnya pada kupu-kupu dan belalang. Sementara kata Metamorphagus, terbentuk dari kata ‘meta’, ‘morph’, dan ‘magus’. Magus berarti sihir/penyihir. Jadi kata Metamorphagus bisa diartikan sebagai perubahan bentuk pada penyihir atau penyihir yang (dapat) berubah bentuk.

Seorang Metamorphagus mampu merubah bentuk fisiknya sekehendak hatinya, mereka juga mampu berubah menjadi bentuk apa saja yang mereka inginkan, termasuk berubah jenis kelamin. Perubahan tersebut bisa seluruhnya atau hanya perubahan sebagian, misalnya hanya merubah bentuk hidung, mulut, dsb. Keadaan emosional Metamorphagus juga berpengaruh terhadap kemampuan yang dimiliki. Misalnya Nymphadora Tonks yang kesulitan mengendalikan kemampuannya saat dia sedang tertekan akibat cintanya pada Remus Lupin serta kematian pamannya, Sirius Black.

Jumlah Metamorphagus sangat langka. Dan hanya dua Metamorphagus yang diperkenalkan pada kita, yaitu Nymphadora Tonks dan Teddy Lupin (anak laki-laki Nymphadora dan Remus Lupin.) Karena langkanya, kecil kemungkinan bahwa ada lembaga khusus untuk pelatihan para Metamorphagus. Kemungkinan besar mereka melatih sendiri kemampuan mereka mengendalikan diri. Jika Animagus harus mendaftar di Kementrian Sihir, Metamorphagus tidak diketahui harus mendaftar atau tidak. /Hedva. (Referensi: harrypotterwikia dan wikipedia tentang metamorphosis)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!