Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Senin, 23 Agustus 2010

Pantauan Potter: “Pentingkah Tongkat Sihir?”

Dalam dunia sihir Harry Potter, tongkat sihir dimiliki oleh semua penyihir mulai dari usia sebelas tahun. Dengan begitu saja kita sudah dapat mengetahui betapa pentingnya tongkat sihir. Tapi mengapa tongkat sihir jadi sepenting itu? Apakah itu berarti tongkat sihir adalah sumber kekuatan penyihir? Nah, itulah yang akan kita bahas sekarang. Sebelum ini saya telah menanyai pendapat para HPF tentang tongkat sihir. Dan inilah beberapa pendapat mereka (mohon maaf karena pendapat yang masuk tidak dapat dimuat semua):

• Menurut saya tongkat sihir sangat penting bagi penyihir karena tanpa tongkat sihir penyihir tidak bisa melakukan apa-apa dan sangat lemah, pengecualian buat penyihir yang bisa melakukan sihir tanpa tongkat sihir seperti Dumbledore. Kehebatan tongkat sihir tergantung penyihirnya bukan tongkatnya. Kebanyakan tongkat sihir terbuat dari kayu yang aneh bagi Muggle dan ada inti dari binatang. Kenapa nggak kita buat tongkat sihir dari kayu yang ada di Indonesia? Contohnya dari kayu jati, ntar intinya dari bulu ayam. Tapi kesulitan dari tongkat sihir adalah pembuatannya. Mungkin tongkat sihir nggak bisa dibuat sama tukang kayu tapi sama penyihir tertentu.
Diantoro Jacob-Black Rusdian-Lautner Bautista-Vd

• kata ollivander: "ilmu pertongkatsihiran adl ilmu yg sgt rumit mr potter bgi km yg m.dalami.ny" .bhkan sang ahli pmbuat tongkat shir sja tdk tau ap yg trjadi pd tongkt shir harry swkt mlakukan shir d.pertempuran little whinging .tongkt shir m.milih pnyihir, jd ga smbrangan org bs pke tongkat shir spa ajj, wkt tongkat phoenix.ny patah harry pke tongkat blackthorn dn mengeluh krn shir.ny lmah, tp jstru mrasa nyaman m.makai tongkt hawthorn yg td.ny mlik malfoy. itu krn harry tlah m.menangkn shingga ksetiaan tongkt tu brpindah *mnurut ollivander .
Angki Pratiwi

• pendapat saya wand adalah hal terpenting bagi penyihir, karena wand ibarat penyalur dari bakat sihir yang kita punya. wand juga "memiliki perasaan" itu karena mereka bisa "memilih" penyihir nya dan "menyerap" kemampuan dari penyihir yg memakai nya.(ex: elder wand) jadi wand adalah alat terpenting dalam menggnakan sihir, walaupun ga menutup kemungkinan ada penyihir yg bisa menggunakan sihir tanpa tongkat, namun itu sangat jrg. n wand jg yg membedakan kita dri mahluk2 sihir lainnya..(elf house, goblin etc) :D
Raivanclaw-favian Cybwizprofravenclawhsi Transfigurationclass

Tongkat sihir yang digambarkan dalam dunia Harry Potter umumnya berupa ranting panjang dan ramping yang di dalamnya menyimpan sebuah inti. Kayu yang digunakan antara lain kayu holly, hawthorn, oak, vine, rosewood, blackthorn, willow, ash, mahoni, yew, dan elder. Sedangkan inti tongkat sihir yang pernah diketahui antara lain bulu phoenix, nadi jantung naga, rambut Veela, rambut Unicorn, rambut Thestral, dll. Karakteristik lainnya adalah panjang dan kekuatannya, berkisar dari “keras” hingga “lunak”. Faktor ini memiliki pengaruh pada pemakaian keseluruhan dari suatu tongkat sihir, walaupun itu tidak diketahui dengan pasti. Karakteristik dari sebuah tongkat sihir juga berpengaruh pada jenis sihir utama yang cocok terhadap tongkat tersebut. Contohnya, tongkat sihir James Potter sangat baik untuk Transfigurasi, dan tongkat sihir Lili Evans digambarkan sangat baik untuk perlindungan.

Dalam hampir semua kasus, tongkat sihir memilih penyihir. Ini ada kaitannya dengan karakter unik dari setiap tongkat sihir yang harus cocok dengan penyihirnya, penyihir tidak bisa menggunakan tongkatnya jika karakternya dan karakter tongkatnya berlawanan. Tongkat sihir dapat berganti kepemilikan. Ketika seorang pemilik tongkat sihir dilucuti, dikalahkan , atau dibunuh, tapi bukan merenggutnya dari tangan pemiliknya, tongkat sihir akan menerima penyerang pemilik lamanya sebagai pemilik barunya. Bagaimanapun, kebanyakan tongkat sihir memiliki ikatan dengan pemiliknya dan tidak akan diputuskan dengan mudah oleh pemilik selanjutnya; lagi pula, tongkat sihir yang diambil dalam keadaan setengah memaksa atau dicuri tanpa menyerang pemiliknya tidak akan mengubah kesetiaannya.

Tongkat sihir bisa patah akibat mantra atau kerusakan fisik. Dalam keadaan ini tongkat akan kehilangan sebagian besar kemampuan sihirnya. Meski setelah diperbaiki, kemampuan tongkat tidak akan bertambah lagi dan tongkat bisa saja rusak lagi saat digunakan. Tongkat sihir elder bisa memperbaiki tongkat sihir yang patah. Tongkat sihir bersifat quasi-sentinent, artinya meski tidak dapat berpikir dan berkomunikasi seperti manusia, tongkat sihir dapat menunjukkan tindakan tertentu yang menunjukkan keinginan mereka. Ini menjelaskan bagaimana tongkat sihir memilih penyihir, dan juga menjelaskan bagaimana tongkat Harry bisa berfungsi melawan Voldemort.

Dari penggambaran dan penjelasan tentang tongkat sihir di atas, memang benar pendapat dari teman-teman HPF. Tongkat sihir adalah alat yang digunakan penyihir untuk menyalurkan kekuatan sihir. Kebanyakan mantra dilakukan dengan bantuan tongkat sihir.Tapi bukan tidak mungkin sihir dilakukan tanpa tongkat sihir. Itu bisa saja tapi membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi dan ketrampilan yang tinggi pula, hanya penyihir-penyihir ahli yang bisa menggunakan sihir tanpa bantuan tongkat. Kalau begitu tongkat bukanlah sumber kekuatan penyihir, tapi jelas hampir semua penyihir bergantung pada tongkat. Bahkan Voldemort sekalipun masih membutuhkan bantuan tongkat sihir, buktinya dia menggunakan tongkat milik Lucius Malfoy sebagai ganti tongkatnya yang rusak. Kalau penyihir setergantung itu pada tongkat sihir, maka benar pendapat teman-teman HPF bahwa tanpa tongkat sihir penyihir tidak bisa melakukan apa-apa bahkan nyaris tak ada bedanya dengan Muggle. SELESAI.

(Hedva. Sumber: Harry Potter Wiki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!