Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Selasa, 26 April 2011

Pantauan Potter: "Tongkat Sihir – Dipilih atau Memilih?" (Bagian 1)

Penyihir tanpa tongkat sihir sama saja dengan orang lumpuh yang kehilangan tongkat berjalannya. Apa sebenarnya tongkat sihir itu?

Tongkat sihir adalah suatu alat penting yang digunakan oleh penyihir untuk menyalurkan kekuatan magis. Mantra Sebagian besar dilakukan dengan bantuan tongkat. Hal ini memungkinkan untuk melakukan sihir tanpa tongkat sihir, tapi sangat sulit dan dibutuhkan banyak konsentrasi dan keterampilan yang luar biasa. Hanya penyihir yang mahir yang dapat melakukan mantra tanpa menggunakan tongkat.
Dengan mantra Lumos, penyihir bisa menyalakan cahaya pada ujung tongkat sihir dan dengan berbagai matra—asalkan kita mempunyai tongkat—semua bisa terjadi, kecuali, beberapa hal yang telah mutlak dinyatakan tidak bisa disihir seperti mengadakan makanan dari udara kosong, dll.

Lalu bagaimana penyihir bisa mendapatkan tongkat sihir? Para penyihir bisa membeli di toko yang menjual tongkat—dan tentunya disemua negara pasti mempunyai pembuat tongkat sihir. Di Inggris, para penyihir bisa membeli ditoko Ollivander. Mr Ollivander sendiri sudah berpengalaman dalam membuat tongkat sihir.
Mencari tongkat sihir tidaklah mudah. Karena, seperti yang dikatakan Mr Ollivender, tongkatlah yang memilih penyihir, bukan sebaliknya. Hal ini disebabkan oleh sifat unik setiap tongkat, yang harus sesuai dengan pemiliknya, karena sang penyihir mungkin tidak dapat melakukan sihir jika antara dia dan karakter tongkatnya terdapat konflik (kecuali, mungkin setelah dia mendapat tongkat dari pemilik sebelumnya dengan cara paksa), atau mungkin keajaiban sub-par untuk sihir dilakukan dengan tongkat sihir penyihir sendiri. Ketika mencoba tongkat yang berbeda, seorang calon penyihir dapat menyebabkan beberapa kerusakan ketika ia bertemu dengan tongkat sihir yang tidak cocok dengan dia.

Selain itu, panjang pendeknya tongkat tergantung dari tinggi dan pendeknya si pemilik. Seperti contoh, Rubeus Hagrid yang mempunyai tinggi yang diluar batas karena merupakan keturunan raksasa memiliki tongkat sepanjang 16 inchi (sekitar 40 centi), atau Dolores Umbridge yang pendek yang memiliki tongkat yang ukurannya pendek.
Tapi ke-proposinal antara tinggi penyihir dan tongkat ini hanya terjadi pada saat penyihir membeli tongkat, sebagai contoh, tongkat Draco Malfoy pendek, disebabkan karena Draco yang lebih pendek dari Harry saat itu, namun kemudian Draco akhirnya lebih tinggi dibanding Harry.

Panjang tongkat juga tampaknya memiliki arti simbolis. Sebagai contoh, tongkat Voldemort, sipenyihir hitam, yang berukuran 13 ½ inchi. Angka 13 umumnya merupakan pertanda kemalangan atau jahat di cerita rakyat dan agama dari berbagai budaya di seluruh dunia./ Edmund Lestrange

Bersambung…

Materi Referensi :
Harry Potter Wikia

1 komentar:

  1. sebenrnya pembuat tongkat sihir kaya Mr Ollivender, berrati melebihi kemmapuan sishir yang paling kuat dong..??
    ria

    BalasHapus

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!