Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Selasa, 21 Desember 2010

Definisi Mantra

Jika Anda membaca Harry Potter versi Bahasa Inggris atau menonton film nya, Anda pasti mendengar beberapa kata yang semuanya bisa berarti mantra; spell, charm, jinx, hex, curse. Sebenarnya apa perbedaan penggunaan masing-masing kata itu? Dalam situs resminya, JKR menjelaskan tentang definisi masing-masing istilah tersebut.

Spell adalah mantra secara umum. Sedangkan 4 istilah lainnya dibedakan berdasarkan kegunaan dan tujuan dari suatu mantra. Mantra yang termasuk charm adalah mantra yang menambah atau mengubah sifat suatu objek. Mengubah gelas menjadi tikus dikategorikan sebagai spell, tapi membuat gelas menari adalah termasuk charm.

Jinx dan hex termasuk dalam kategori ilmu hitam. Bedanya adalah hex digunakan untuk mendefinisikan sihir hitam yang lebih parah dari jinx. Sedangkan jinx lebih minor, efeknya melukai tapi lucu, misalnya melekatkan lidah pada langit-langit mulut dengan mantra Langlock. Sementara curse yang diterjemahkan sebagai kutukan adalah sihir hitam yang paling buruk, contohnya yang paling terkenal adalah kutukan pembunuh.

Selain 5 istilah tersebut, ada satu lagi yaitu incantation. Meski sama-sama berarti mantra, penjelasan tentang incantation ini saya bedakan dengan 5 istilah sebelumnya karena JKR tidak menjelaskannya. Incantation adalah kata atau frasa yang diucapkan dalam mantra. Jadi incantation adalah bagian dari spell, charm, jinx, hex, dan curse. Contoh: Summoning charm (mantra pemanggil) adalah jenis mantranya, sedangkan incantation-nya adalah Accio. Switching spell (mantra pengubah) adalah jenis mantranya, sedangkan incantation-nya bervariasi tergantung transfigurasi yang diinginkan. Killing curse (kutukan pembunuh) adalah jenis mantranya, sedangkan Avada Kedavra adalah incantation-nya. / Hedva.

Sumber: JKRowling.com dan Ensyclopedia of Spell HP-Lexicon.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!