Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Selasa, 31 Agustus 2010

Pantauan Potter: “Tradisi Penamaan Penyihir”

Dalam rubrik Pantauan Potter dua minggu lalu yang berjudul ”Agama dalam Dunia Sihir”, sekilas kita membahas tentang nama-nama penyihir. Di sana dikatakan bahwa penyihir memiliki tradisi penamaan yang berbeda dari Muggle. Bahkan tiap keluarga memiliki tema-tema tertentu di luar tema umum yaitu nama-nama yang berakar dari mitologi Romawi dan Yunani kuno. Atas permintaan salah satu member, kita akan membahas lebih jauh tentang penamaan penyihir ini. Sebelumnya kita lihat dulu apa pendapat para HPF tentang nama penyihir, ini dia:

• Aku masih bingung kenapa JKR memberi nama tokoh-tokohnya pasti kebanyakan ada maknanya/kesamaan sifat dengan nama tokoh. Ex: Luna Lovegood, Luna/Loony artinya gila/sinting. Sama seperti Luna yang berpenampilan aneh-aneh bahkan kebanyakan teman-temannya menyebutnya sudah gila. Dll. – 'Nurul Benciie Ciipdda.
• Nama nama penyihir itu unik, aneh tapi juga bermakna. Misalnya saja Harry yang dari bahasa latin "Harold" yg berarti Panglima Perang. Atau Ron Weasley yg diambil dari bahasa latin "Running Weasel" yg berarti Penasihat Sang Raja. – Hannie Kim Park.

Hampir semua nama, baik itu nama orang, tempat, makhluk, atau mantra, memiliki arti tersendiri yang menandakan bahwa JKR tidak sembarangan dalam memberi nama pada tiap elemen dalam bukunya. Terkadang sebuah nama merupakan hasil permainan kata JKR, misalnya nama sekolah sihir di Jerman, Durmstrang, yang berasal dari kata Strum dan Drang. Strum berarti “badai” dan Drang berarti “tekanan”.

Seperti yang dikatakan di awal, tiap keluarga penyihir memiliki tema tertentu dalam penamaannya. Atau lebih tepat bila kita katakan, JKR memberi tema yang berbeda pada setiap keluarga penyihir. Misalnya keluarga Black menggunakan nama bintang, keluarga Malfoy tokoh politik klasik, dan keluarga Weasley menggunakan nama-nama raja. Berikut penjelasannya,

Keluarga Black menggunakan tema bintang dalam penamaannya seperti Alphard, Orion, Cygnus, Andromeda, Sirius, Bellatrix, dll. Sirius misalnya, namanya berarti “bintang anjing”, yang paling terang dalam konstelasi Canis Major. Ini sesuai dengan bentuk animagi Sirius yang berupa ajing hitam. Sedangkan Bellatrix dalam bahasa Latin berarti “pejuang wanita”, juga merupakan nama bintang dalam konstelasi Orion yang kadang juga disebut “the Amazon star”.
Keluarrga Malfoy menggunakan nama tokoh-tokoh klasik. Nama Malfoy diambil dari kata mal foi atau “maksud jahat” dalam bahasa Perancis. Lucius adalah nama dari beberapa raja Etruscan. Nama itu juga menyerupai Lucifer, yang dalam literatur Kristen adalah malaikat yang memberontak melawan Tuhan dan kemudian dijebloskan ke neraka bersama pengikutnya menjadi Satan. Narcissa adalah bentuk feminin dari Narcissus, seorang demi-god (setengah dewa) dalam mitologi Yunani yang mencintai bayangannya sendiri di air kolam hingga ia mati. Draco berarti ular besar atau naga dalam bahasa Latin, nama dari seorang tiran Athena. Draco juga nama konstelasi bintang yang berisi “Thuban”, bintang kutub Mesir kuno. Jadi nama Draco juga masuk dalam tema penamaan keluarga Black.
Keluarga Weasley meminjam nama dalam legenda Arthurian. Nama anak-anak Weasley adalah nama-nama raja. Nama Weasley sendiri mungkin berasal dari ‘world weasel’ yang artinya; (1) suka berterus terang, (2) jadi pengecut dan lari dari keadaan. Atau itu juga bisa berasal dari kata wheezing/wheezy yang artinya bernafas keras dan berat.
Arthur berarti “pengikut Thor” dewa petir bangsa Viking. Molly berasal dari Mary, bentuk lain dari Miriam, “mistress of the sea” atau “bersikap sengit”. Charles (Charlie) berarti “gagah”. William (Bill) berarti “keinginan untuk melindungi”. Percy berasal dari Percival, “menembus lembah”. Frederick (Fred) berarti “damai”. George berarti “petani”. Ronald (Ron) adalah bentuk Scandinavia dari Reynold yang berarti “raja penasihat”, seorang pemimpin yang memberi saran. Ginny berasal dari kata Virginia yang berarti “perawan” atau “murni”.

Selain dari tema-tema di atas, nama-nama penyihir juga diambil dari berbagai bahasa.
Voldemort adalah bahasa Perancis dari “flight of death”. Nama asli Voldemort adalah Tom Marvolo Riddle, Tom dari Thomas yang berarti “kembar”, Marvolo seperti Marvel yang berarti “sesuatu yang membuat heran”, dan Riddle berarti teka-teki atau bisa juga berarti melubang-lubangi. Tom Marvolo Riddle dibuat sebuah anagram “I am Lord Voldemort”.
Gilderoy Lockhart terbentuk dari “Gilde” berasal dari kata “gilded” atau dihiasi lapisan emas tipis, “roy” dari kata dalam bahasa Perancis “roi” atau raja, Lockhart sendiri terdiri dari kata “Lock” dan “hart” (heart). Semantara slogan dari keluarga Lockhart adalah “I open locked heart” (aku membuka hati yang terkunci), jadi nama itu secara keseluruhan bisa berarti dia seorang raja emas yang sangat baik sehingga bisa membuka hati orang lain (khususnya gadis-gadis).
Minerva McGonagall, nama depannya adalah nama dewa perang Romawi. Minerva juga berarti “bijaksana”.
Alastor Moody, nama depannya Alastor atau Alastair berasal dari nama Alexander, “pelindung umat manusia”, Moody berarti temperamental atau cepat berganti “mood” (suasana hati).
Albus Dumbledore, nama depannya berasal dari bahasa Latin yang artinya “putih”. Nama belakangnya, menurut JKR, adalah Bahasa Inggris kuno dari “bumblebee”. Dalam simbol warna, putih sering diibaratkan sebagai kemurnian, jadi nama Albus Dumbledore melambangkan kemurnian atau kehormatan dan sifat kerja keras (sibuk seperti lebah).

3 komentar:

  1. bisa kasih tau ga,,, emang sekolah sihir didunia nyata itu ada pa nggak sih??

    BalasHapus
  2. Sekolah sihir itu ADA. Tp yg perlu diingat bahwa sihir dan sekolah sihir dalam Harry Potter TIDAK ADA.

    BalasHapus
  3. Rizki Arcturus Black. *(R.A.B)2/02/2013 11:44:00 PM

    bukannya harry potter itu cerita asli namun cerita yang benar2 sudah lama sekali?

    lalu diperankan oleh orang2 tersebut diantaranya, daniel radclif, emma watson, rupert grint, dll.

    BalasHapus

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!