Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Senin, 10 Januari 2011

Pantauan Potter: “Felix Felicis Membuat Atau Mempengaruhi Keberuntungan?”

Felix Felicis, ramuan yang setiap tetes cairannya memiliki khasiat untuk menjadikan peminumnya menjadi lebih beruntung, memberikan suatu rasa gembira dan juga percaya diri sampai efek dari ramuan itu menghilang dengan sendirinya, itu pernah terjadi pada Harry Potter yang mendapatkan Felix Felicis pertamanya dari Horace Slughorn saat dirinya berhasil mendapatkan nilai terbaik di Pelajaran Ramuan, sebenarnya saat itu Harry mendapat nilai terbaik karena ada buku milik ‘Half-Blood Prince’ yang membantunya. Harry, Ron, & Hermione telah merencanakan sesuatu untuk mendapatkan ingatan Slughorn, tapi entah mengapa setelah Harry meminum Felix Felicis-nya, ia menjadi lebih bersemangat dan tidak menjalankan cara sesuai dengan rencana, Harry malah pergi ke Pemakaman Aragog, bertemu Slughorn diperjalanan, dan akhirnya berhasil mendapatkan ingatan Slughorn tentang Horcrux. Ron yang pada tahun ke 6 menjadi Keeper dalam Tim Quidditch Gryffindor, merasa sangat tidak percaya diri saat akan mengikuti pertandingan, tapi Harry menipunya dengan memasukkan cairan yang dikatakannya sebagai Felix Felicis ke gelas minuman Ron. Tapi, mengapa Ron menjadi percaya diri, merasa beruntung dan berhasil membuat Tim Quidditch Gryffindor keluar sebagai pemenang sedangkan cairan yang dianggapnya sebagai Felix Felicis ternyata bukan Felix Felicis?

Ramuan ini memiliki ciri-ciri cairannya yang berwarna emas, bila terkena udara cairannya akan melompat-lompat dipermukaan dan tidak akan tumpah, sedangkan komposisinya sampai saat ini tidak diketahui. Felix Felicis pada sebuah botol kaca kecil dapat mengandung khiasiat yang akan bertahan selama 12 Jam, tapi jika ramuan ini diminum secara berlebihan, efeknya akan membuat pusing, kecerobohan, dan terlalu percaya diri, tidak hanya itu, bahkan bila digunakan dalam jumlah banyak akan menyebabkan peminumnya keracunan. Ada juga beberapa peraturan dalam beberapa kompetisi terorganisir yang melarang seseorang untuk meminum ramuan ini seperti acara-acara Olahraga, Ujian, dan Pemilihan Umum.

Menururt saya sendiri, sebenarnya Felix Felicis ini tidak terlalu berperan dalam soal keberuntungan seorang penyihir, contoh, pada saat Ron menjadi Keeper dalam pertandingan Quidditch di tahun ke 6, dia terlihat sangat bersemangat, gembira, dan sangat yakin akan memenangkan pertandingan itu dengan tidak membiarkan Quaffle yang dilempar lawan masuk ke gawangnya setelah Harry menipunya dengan memasukan cairan yang sebenarnya bukan Felix Felicis, mungkin Harry sebelumnya juga telah mengetahui yang dikatakan Hermione bahwa Felix Felicis tidak diperbolehkan untuk digunakan dalam pertandingan Quidditch. Lalu kenapa Ron merasa beruntung padahal dia sama sekali tidak meminum Felix Felicis? Mungkin sebenarnya itu semua berkat kemampuan yang ada didalam diri Ron, tapi dia tidak percaya diri untuk mengeluarkannya, karena itulah Harry terpaksa menipunya dengan berpura-pura memasukan ramuan ini kedalam gelas Ron dan bermaksud agar Ron bermain dengan semangat dan penuh percaya diri, dan ternyata Harry berhasil, Ron menangkis semua Quaffle yang datang ke arah gawangnya. Tapi harap digarisbawahi ya, tipuan Harry ini memiliki maksud yang baik, bukan buruk. :D

Berbeda saat Harry benar-benar meminum Felix Felicis, Harry menjadi berbeda dari biasanya dan tampak agak sedikit over, memang pada saat itu Harry benar-benar menjadi beruntung, ia mengikuti perasaannya yang mengatakan dirinya harus ke rumah Hagrid, dan mungkin karena Felix Felicis, Harry bertemu dengan Slughorn dan berhasil mendapatkan ingatan saat Slughorn memberitahu cara membuat Horcrux kepada Tom Riddle saat masih bersekolah di Hogwarts.

Nah, dua kasus tersebut, terbukti bahwa Felix Felicis disini hanya seperti “bumbu penambah rasa”, keberuntungan dan rasa percaya diri tidak hanya muncul hanya dengan meminum ramuan itu, seseorang bisa membuat percaya diri dan semangatnya menjadi lebih bergejolak atas kemampuan dan kemauannya sendiri tanpa harus meminum ramuan Felix Felicis. Dengan kata lain, Felix Felicis tidak serta merta membuat seseorang menjadi beruntung, tetapi mempengaruhi seseorang untuk menjadi beruntung. Bukankah terlalu banyak mengonsumsi Felix Felicis juga ada efek sampingnya, yaitu rasa percaya diri berlebihan dan kita semua tahu itu sangat berbahaya. Bagaimana menururtmu? / Rifky.

(Referensi : HP-Lexicon, Film ‘Harry Potter and the Half-Blood Prince’, & Wikipedia).

2 komentar:

  1. seandainya aku dapat felix feliciss..

    BalasHapus
  2. Dalam kasus Ron, anda tidak objektif menilainya. Soalnya kita tahu sendiri memang Ron itu karakter yang tidak konsisten dan angin anginan. Tanpa Felix pun sebenarnya dia bisa. pada saat Gryfindor tidak lagi punya harapan, waktu Harry di detensi oleh Umbridge, Tanpa ditipu soal Felix pun Ron tetap bisa tampil sempurna.

    Artinya, Harry mengerti betul karakter Ron, makanya dia memakai Felix untuk mengelabuhi rasa percaya diri Ron.

    Jadi, dalam kasus Ron, yang berperan bukan Felix nya, tapi Ron nya sendiri.

    Berbeda dengan kasus Harry. Semuanya adalah keberuntungan murni. Kesenggol Ginny yang membuat dia jadian. Terus gerbang yang tidak ditutup. Lalu Slughorn yang sebenarnya sedang mencuri beberapa helai berharga dari lab. tanaman gaib.

    Tanpa felix, Harry tidak punya keberuntungan itu.

    Jadi kalau menurut saya, Felix Felicis tidak hanya sekedar mempengaruhi keberuntungan. Ramuan ini lebih cenderung membuat keberuntungan. Itu makanya kementrian menerapkan sejumlah larangan pada pemakaian ramuan ini, seperti anda sebutkan; ujian, pemilu, olahraga pertandingan dsb....

    BalasHapus

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!