Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Selasa, 04 Januari 2011

Pantauan Potter: “Siapa Nicholas Flamel?”

Dalam sejarah, Nicholas Flamel dikenal sebagai seorang Alkemis yang hidup di Perancis pada abad ke-14. Dia dan istrinya, Perenelle, meninggal pada 1410. Namun konon makam mereka kosong dan banyak yang masih melihat sosok Nicholas dan Perenelle Flamel hingga lebih dari berabad-abad kemudian. Orang-orang menduga bahwa Nicholas Flamel telah berhasil membuat Batu Bertuah yang membuatnya immortal. Batu Bertuah sendiri merupakan suatu legenda yang tak asing lagi. Konon Batu Bertuah bisa mengubah logam apapun menjadi emas dan mampu menghasilkan elixir of life (cairan kehidupan) yang membuat seseorang panjang umur. Banyak buku yang membahas tentang batu legendaris ini. Dalam ranah fiksi, setidaknya saya pernah membaca tiga novel yang menceritakan Batu Bertuah, yaitu The Alchemist (Paulo Coelho), Harry Potter dan Batu Bertuah (J.K. Rowling), dan trilogi The Secret of the Immortal Nicholas Flamel (Micael Scott). Dua dari novel-novel tersebut memasukkan Nicholas Flamel dalam ceritanya, bahkan pada novel trilogi The Secret of the Immortal Nicholas Flamel, Flamel dan istrinya dikisahkan masih hidup di abad 21.

Bagaimana dengan Nicholas Flamel dalam dunia sihir Harry Potter? Dalam Harry Potter dan Batu Bertuah, Nicholas Flamel pertama kali disebutkan di kartu koleksi cokelat kodok edisi Albus Dumbledore. Disebutkan bahwa Dumbledore melakukan beberapa pekerjaan Alkemis bersama Nicholas Flamel. Selanjutnya, saat Hermione mencari informasi tentang Nicholas Flamel dari sebuah buku, kita tahu bahwa Nicholas Flamel adalah satu-satunya Alkemis yang berhasil menciptakan Batu Bertuah. Dan bahwa Nicholas Flamel telah merayakan ulang tahunnya ke 665 dan tengah menikmati hidupnya bersama istrinya di Devon, Inggris.
Flamel adalah penyihir yang senang hidup damai dan menjauh dari publik. Setidaknya itu yang bisa kita simpulkan. Saya berkata demikian karena di dunia sihir kala itu, nama Flamel kalah besar dari Dumbledore. Dumbledore disebut-sebut sebagai penyihir besar abad itu, dia mengalahkan penjahat besar Gellert Grindelwald, dia juga menemukan 12 kegunaan darah naga, dan ingat siapa satu-satunya penyihir yang ditakuti Voldemort? Sementara Flamel tidak muncul ke depan publik setidaknya seabad terakhir (Ron yang anak keluarga penyihir pun tidak mengenal Flamel).

Lalu bagaimana dengan kehidupan Nicholas Flamel setelah Batu Bertuah dihancurkan? Seperti yang kita tahu, Voldemort menginginkan Batu Bertuah milik Flamel untuk kebangkitannya. Batu Bertuah kemudian disimpan oleh Dumbledore di Gringotts sebelum dipindahkan ke Hogwarts. Dan di akhir buku diceritakan bahwa Dumbledore dan Flamel telah sepakat untuk menghancurkan batu itu. Namun Flamel masih memiliki cukup persediaan cairan kehidupan untuk beberapa waktu, jadi kita tidak bisa langsung mengaggap Flamel mati. Bisa saja dia menciptakan lagi Batu Bertuah yang baru dan tetap bertahan hidup. Siapa tahu kan? / Hedva.

(Referensi: Harry Potter dan Batu Bertuah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!