Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Senin, 27 Desember 2010

Pantauan Potter: "Seberapa Kuat Veritaserum Memaksa Orang Berkata Jujur?"

Veritaserum adalah ramuan kejujuran yang kuat. Serum ini tidak berbau dan tidak berwarna, hampir tak bisa dibedakan dengan air. Veritaserum dapat membuat peminumnya berkata jujur dan sangat sulit untuk mengelak karena ramuan ini sangat kuat. "Tiga tetes dan bahkan Kau-Tahu-Siapa akan menumpahkan rahasia terdalamnya", demikian Severus Snape (versi film) menggambarkan kekuatan Veritaserum. Kita pernah melihat keampuhan Veritaserum saat Snape memberikannya pada Barty Crouch, Jr. (HP4). Saat itu Veritaserum mampu membuat Crouch, Jr. mengatakan semua perbuatannya. Jika Veritaserum demikian kuatnya, Anda pasti bertanya-tanya, mengapa Sirius Black masih dipenjara karena perbuatan yang tak dilakukannya?

Jawabannya sederhana, Veritaserum tidak sesempurna itu. Veritaserum memang bisa memaksa peminumnya untuk berkata jujur, tapi peminumnya juga bisa melawan. Ada ramuan lain yang merupakan penangkal dari Veritaserum. Tidak diketahui jelas apa nama ramuan itu, tapi Horace Slughorn memilikinya. Selain itu, Occlumency juga bisa mencegah efek Veritaserum. Occlumency adalah sihir untuk mempertahankan pikiran dari pengaruh luar, ini merupakan lawan dari Legillimency. Kita tahu bahwa Voldemort adalah seorang Occlumens yang handal, maka pernyataan Snape bahwa Voldemort akan menumpahkan rahasia terdalamnya hanya karena tiga tetes Veritaserum bisa kita anggap berlebihan, dan hanya untuk mengintimidasi Harry.

Dalam situs resminya, JKR mengatakan bahwa Veritaserum bekerja paling baik pada seseorang yang tidak dicurigai, rentan, dan mereka yang tidak terampil melindungi diri terhadap pengaruhnya. JKR menjelaskan bahwa seandainya pun Sirius Black diberi kesempatan untuk bersaksi dengan Veritaserum [perlu diingat bahwa Sirius dipenjara tanpa sidang], maka kemungkinan  Wizengamot masih akan menyatakan dirinya bersalah dengan mengklaim bahwa Sirius bisa saja menggunakan tipu daya untuk menjadi kebal terhadap Veritaserum.

Bisa kita bayangkan Wizengamot tidak akan ada jika Veritaserum bisa dengan mudah menentukan seseorang bersalah atau tidak. Penggunaan Veritaserum memang untuk interogasi tersangka, tetapi hasilnya tidak serta merta dianggap seratus persen benar. Bisa kita anggap hal ini sama dengan alat pendeteksi kebohongan yang digunakan Muggle, hasil alat pendeteksi kebohongan juga tidak bisa dipakai sebagai bukti di pengadilan./Hedva.

Sumber: JKRowling.com dan HP-Lexicon.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!