Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Senin, 25 Oktober 2010

Pantauan Potter: "Pantauan Potter dan Radio Penyihir"

Pantauan Potter kita kali ini berjudul Pantauan Potter? Ya, teman-teman HPF pasti sudah tahu bahwa nama rubrik kita ini diadaptasi dari nama sebuah program radio di novel Harry Potter. Potterwatch, atau Pantauan Potter dalam versi Bahasa Indonesia, adalah siaran radio yang menyiarkan kebenaran tentang usaha Harry yang heroik serta keadaan yang sebenarnya terjadi di dunia sihir dan Muggle selama Kementrian Sihir dikuasai oleh Voldemort. Pantauan Potter adalah satu-satunya saluran yang menyiarkan kebenaran sementara media lain dikuasai oleh Voldemort dan digunakan untuk menyebar propagandanya. Tentu saja saluran radio ini ilegal. Saat itu Harry adalah orang paling dicari nomor 1 di dunia sihir, membuat siaran radio yang memihak Harry sama saja dengan memberontak. Karena itu Potterwatch atau Pantauan Potter tidak mengudara setiap hari dan selalu berpindah-pindah tempat siaran. Selain itu, dibutuhkan password untuk mengakses saluran ini. Passwordnya bermacam-macam yang ada hubungannya dengan Orde Phoenix dan biasanya password diumumkan selama siaran sebelumnya.

Pantauan Potter dikelola oleh Fred dan George Weasley serta sahabat mereka Lee Jordan yang berpengalaman sebagai komentator Quidditch di Hogwarts. Demi keamanan, Lee dan penyiar lainnya termasuk bintang tamu menggunakan nama samaran selama siaran. Nama Lee diganti menjadi River, Fred dan George menjadi Rapier dan Rodent (atau sebaliknya?), Remus Lupin menjadi Romulus, dan Kingsley Shacklebolt menjadi Royal. Selama siaran mereka mengabarkan berita-berita seperti berita kematian, dampak pemerintahan sihir yang baru bagi dunia Muggle, berita tentang Kau-Tahu-Siapa, dan segmen Sahabat Potter (Pals of Potter).

Sejak tadi kita berbicara tentang radio. Sebenarnya adakah radio di dunia sihir Harry? Tentu ada. Hanya saja istilahnya berbeda yaitu Wizarding Wireless Network (WWN). Sebenarnya WWN sama saja seperti radio bagi Muggle tapi alih-alih menggunakan listrik dan gelombang radio, WWN digerakkan oleh sihir. Untuk menyalakannya kita hanya perlu mengetukkan tongkat sihir.

(Hedva. Referensi: HP-Lexicon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!