Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Senin, 15 November 2010

Pantauan Potter: "Harry Potter Bukan (Benar-Benar) Horcrux"

Selama ini kita telah sering mendengar teori bahwa Harry Potter adalah Horcrux. Teori ini dibenarkan dengan pendapat Albus Dumbledore yang menyatakan bahwa bagian jiwa Voldemort menempel pada tubuh Harry. Tapi tidak adil rasanya jika kita tidak membahas juga teori lain yang menyatakan bahwa Harry bukan benar-benar Horcrux, apalagi teori ini didukung sendiri oleh JKR. Menurut teori ini, eksistensi Harry sebagai Horcrux 'tidak sepenuhnya' benar.

Voldemort tidak bermaksud menjadikan Harry sebagai Horcrux. Saat datang ke Godric's Hollow malam itu, dia berniat membunuh Harry, jelas karena ramalan. Dan jika Harry adalah Horcrux, seharusnya Voldemort menjaga agar Harry tidak mati. Tapi nyatanya Voldemort terus-menerus memburu Harry dan ingin membunuhnya. Hal itu mengkin dijawab dengan jawaban seperti, "Itu karena Voldemort tidak tahu kalau Harry adalah Horcrux-nya. Dia membuatnya menjadi Horcrux secara tidak sengaja." Seperti yang kita tahu, pembuatan Horcrux tidak dilakukan asal-asalan. Pembuatan Horcrux pastilah sangat kompleks dan tidak mungkin dilakukan secara tidak sengaja. Mungkinkan sihir sekompleks pembuatan Horcrux dilakukan secara tidak sengaja oleh penyihir seperti Voldemort? Bukankah itu sama saja dengan ketidaksengajaan Harry saat melepas ular Boa di kebun binatang? Rasanya tidak mungkin. Ketidaksengajaan peng-Horcrux-an Harry terletak pada menempelnya bagian jiwa Voldemort pada Harry. Harry tidak bisa dibunuh karena adanya perlindungan 'ancient magic' dari Lily, dan saat itu bagian jiwa Voldemort menempel pada Harry dan Voldemort menjadi tidak stabil. Peristiwa menempelnya jiwa Voldemort pada Harry menjadikan Harry sebuah Horcrux tapi bukan benar-benar Horcrux. Karena....

Voldemort tidak memiliki koneksi dengan Horcrux-Horcruxnya. Voldemort tidak tahu saat Horcrux-Horcruxnya dihancurkan, dan saat dia tahu, dia selalu menjaga Nagini dalam pengawasannya. Itu karena jiwa Voldemort yang telah terbelah dan dijadikan Horcrux bukan lagi bagian dari Voldemort, dengan kata lain terpisah sepenuhnya dari Voldemort. Sementara itu dengan Harry berbeda. Harry memiliki kemampuan parseltongue seperti Voldemort, bekas luka Harry selalu sakit setiap ada sesuatu yang terjadi pada Voldemort, Harry bisa melihat apa yang dilihat Voldemort serta merasakan apa yang dirasakan Voldemort, bahkan Voldemort bisa menanamkan gambaran yang salah pada pikiran Harry (HP5). Hal-hal itu menunjukkan bahwa ada koneksi antara Voldemort dengan Harry. Koneksi yang tidak ditunjukkan Voldemort dengan Horcrux-Horcruxnya.

Menempelnya jiwa Voldemort pada Harry tidak diikuti oleh sihir Horcrux yang benar/sesuai, karena itu Harry bukanlah seutuhnya Horcrux. Kalau dikatakan Horcrux, dia tidak seperti Horcrux lainnya, jadi bisakah kita menyebutnya Horcrux? Inilah salah satu dari banyak alasan mengapa buku Harry Potter sangat menarik. Kita bisa berpendapat dan berargumen tentang teori mana yang benar dan teori mana yang salah, tapi pada akhirnya, apa yang kita diskusikan bukan hanya teori. Apa yang sesungguhnya ingin kita coba tebak adalah menuju ke arah mana cerita itu. Kita harap semua menjadi jelas saat nanti JKR memaparkan cara pembuatan Horcrux dalam Harry Potter Ensyclopedia*. (Disampaikan kembali dengan penyesuaian, dari Half Right About Harry's Horcrux oleh Hannah Deprey-Severance. Sumber: Mugglenet dan Harry Potter Wiki)

*) Tentang Harry Potter Ensyclopedia: Buku yang rencananya akan ditulis JKR yang isinya tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia Harry Potter. Pada 13 September 2009, Sunday Mail mempublikasikan dalam websitenya bahwa pengacara dari agen Rowling menyatakan bahwa "Ensiklopedia adalah sesuatu yang akan diselesaikan Miss Rowling suatu saat nanti." JKR sendiri mengungkapkan bahwa dia berencana menulis ensiklopedia tapi dia tidak terburu-buru. Beberapa yang akan diungkapkan dalam ensiklopedia antara lain cara pembuatan Horcrux, mengapa Peter Pettigrew memberikan bagian tubuhnya untuk membangkitkan Voldemort, dan mengapa Florean Fortescue (pemilik toko es krim di Diagon Alley) dibunuh.

5 komentar:

  1. Mari berdebat :D

    Harry Potter "MEMANG" benar-benar Horcux karena...
    seperti yang telah di jelaskan di atas, Voldemort tidak memiliki koneksi dengan Horcux-Horcux nya. Hal itu adalah wajar "Karena" Horcux-horcux Voldemort adalah benda dan bukan makhluk hidup.
    "tapi" Nagini memiliki koneksi dengan Voldemort, contohnya ketika di Harry Potter and the orde of the phoenix, Harry melihat melalui mata nagini (dia ularnya) saat athur weasley di serang nagini, dari mana Harry melihat penampakan itu?, dari mata voldemort sendiri, (saya sulit menjelaskannya) maksudnya, Voldemort melihat dari mata nagini, dan Harry melihat dari mata Voldemort. yaah.. seperti itulah..
    yang ke dua, saat Harry Potter pergi ke tempat bathilda, bathilda (yang sudah mati dan didalamnya terdapat nagini) menunjukan sosok aslinya dan menyerang Harry, namun gagal membunuh Harry, saat itu Harry merasakan kemarahan yang bukan dari dirinya,
    kemarahan tersebut adalah kemarahan dari Voldemort sendiri, dari mana Voldemort tau bahwa Harry berhasil lolos? selamat atau sebagainya?, Voldemort mengetahuinya karena koneksinya dengan Nagini, dan bagaimana Harry mengetahui bahwa Voldemort sangat marah?, itu karena koneksinya dengan Voldemort.
    jadi intinya, Voldemort bisa hanya bisa memiliki koneksi dengan Horcux nya yang merupakan makhluk hidup, dan bukan dari benda mati. dan Harry itu merupan horcux, sama seperti nagini.


    -adel.potter@gmail.com

    BalasHapus
  2. tambahan :
    di buku ke tujuh Harry Potter and deathly hallows telah dijelaskan...
    Voldemort membunuh Harry dengan kutukan Avada kedavra, dan voldemort menggunakan tongkat sihir elder (yang sebenarnya adalah milik harry potter)
    tapi, yang di bunuh voldemort bukannya harry melainkan horcux atau jiwanya yang terdapat didalam diri harry, karena bagaimanapun tongkat sihir tidak mungkin mau membunuh tuannya.

    BalasHapus
  3. @adela ...bukanya saat nagini menyerang arhur itu nagini-dirasuki-kau-tahu-siapa ?

    BalasHapus
  4. Yg jelas ada bagian jiwa Voldemort yg menempel pada Harry, terlepas dari apakah Harry adalah seutuhnya Horcrux atau "bukan benar-benar" Horcrux seperti yg jd poin utama teori ini. Teori ini juga punya cukup landasan yaitu pernyataan JKR sendiri.
    Saya pribadi lebih percaya pada Dumbedore bahwa Harry adalah Horcrux. Nanti JKR akan menjelaskan bagaimana membuat Horcrux dan apakah itu bisa dibuat dengan ketidaksengajaan seperti itu. Nanti saat JKR menyelesaikan ensiklopedinya. Tapi seperti disebutkan di artikel, JKR tidak terburuburu. Mungkin dia harus meninjau kembal sebelum menetapkan aturan-aturan dalam dunia fantasinya agar semuanya masuk akal dan tidak bertentangan dengan cerita yang sudah ditulisnya.

    Salam sihir! :)

    BalasHapus

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!