Info HPFI

VCD, DVD, dan Blu-Ray "Harry Potter and the Deathly Hallows: Part. 2" telah dirilis, segera dapatkan di toko-toko kaset terdekat. It All Ends Here...

Minggu, 14 November 2010

Wawancara HPFI dengan 4 Panitia Nonton Bareng Hp7 Part. I di Beberapa Kota di Indonesia

November 2010, bulan yang ditunggu-tunggu oleh para Harry Potter Fresks di seluruh dunia, kenapa? Karena pada bulan ini bagian pertama dari dua film terakhir Harry Potter yang berjudul Harry Potter and the Deathly Hallows Part. I akan dirilis, banyak orang-orang yang memiliki rencana menyenangkan untuk menyambut film ini, dari mulai mengumpulkan majalah-majalah yang menerbitkan edisi special Harry Potter, dan juga salah satunya adalah persiapan NoBar (Nonton Bareng), banyak sekali yang sudah mempersiapkan acara NoBar dari jauh-jauh hari.

Kali ini, HPFI akan menampilkan wawancara khusus dengan beberapa penyelenggara acara NoBar yang akan segera digelar di beberapa kota di Indonesia, mereka adalah Anne Lumos (Panitia NoBar dan salah satu moderator dari Indo-HarryPotter, atau dikenal dengan panggilan Madam Lumos di Toko Kelontong Sihir), Adie Karmel (Panitia NoBar Indonesia Cyber Wizard), Hani Hanifah (Panitia NoBar Indo-HarryPotter Bandung), dan juga Mutia Pratiwi (Panitia NoBar Harry Potter Freaks Surabaya), berikut adalah wawancaranya...

Harry Potter and the Deathly Hallows Part. I adalah bagian pertama dari dua film terakhir Harry Potter, setelah film bagian kedua dirilis 2011 nanti, itu berarti Harry Potter telah berakhir, apa yang akan anda lakukan setelah itu? apakah anda masih akan tetap menjadi penggemar Harry Potter dan akan terus menghidupkan komunitas pencinta Harry Potter atau malah sebaliknya, anda akan melupakan Harry Potter?

Anne Lumos : Setelah film HP7 berakhir, saya yakin komunitas penggemar Harry Potter masih akan berjalan. Mungkin ngga segegap gempita dulu, tapi sebenarnya itu tergantung kerja keras motor penggerak tiap komunitas juga. Saya akan tetap senang Harry Potter, karena saya juga masih harus menampung keinginan teman-teman yang ingin mengumpulkan barang-barang koleksi yang inspirasinya diambil dari buku cerita itu.

Adie Karmel : I love Magic... Seperti saya pernah bilang.... saya ini fans Harry Potter tapi bukan fans Daniel, Emma, dan Rupert, tapi saya hanya suka dengan dunia si Harry Potter itu sendiri, bukan pemeran nya... Suatu komunitas itu bisa bertahan apabila ada kekompakan dari anggota dan temen sesama hobby lainnya. Sekian banyak komunitas yang sama tapi menurut saya, komunitas Indo Cyber Wizard lah.. yang paling beda... karena disini kita benar-benar meminjam dunia Harry Potter dan menjadi karakter sendiri.. dan tidak ada aturan yg aneh-aneh. Hobby saya di Harry Potter gak bisa hilang...sampai kapan pun, dan gak muluk-muluk wand yang saya buat bisa untuk mem-bombarda seseorang. Hobby fiksi ini walaupun kadang dilanda kejenuhan.. tapi ya seperti itulah.. I love Magic.. dan I love Magic...

Hani Hanifah : Hmm, pertanyaan yang sedikit membingungkan, yang saya lakukan tetap menjalankan aktivitas keseharian saya. Oh saya punya pikiran ingin tetap mengadakan gathering-gathering sesama pecinta HPF meski setahun sekali berpindah-pindah tempat Honestly, in our side, Harry Potter is never end right? :) *bright smile*. Ga pernah terpikir di otak tuh, Harry Potter shall be forget NOT!

Mutia Pratiwi : Jelas hehehe saya tetap cinta sama Harry Potter apapun yang terjadi, cailah... :p
Hmm ngomong-ngomong soal komunitas, saya sebenarnya agak sedikit takut jika komunitas Harry Potter yang bergenre film ini akan redup setelah film berakir lain halnya dengan komunitas musik yang masih bisa tetap eksis, tapi saya tekankan meskipun Harry Potter akan berakhir, saya yakin fansnya yang setia akan tetap menyukai Harry Potter..

Sebagai panitia, apa ada tujuan dan harapan untuk para HPF yang ada di kota anda dari NoBar yang anda selenggarakan? Apakah sudah banyak HPF yang akan hadir dalam NoBar Hp7 Part. I nanti? Apakah sebelumnya pernah ada NoBar Harry Potter di kota anda?

Anne : Nonbar HP7 yang diadakan oleh Indo-HarryPotter ingin merangkul semua penggemar Harry Potter darimana saja. Acara Nonbar IHP ini sudah diadakan selama 5 kali kalau ngga salah. Saya sendiri sudah 9 tahun bergabung dalam komunitas IHP. Setahu saya sih sudah ada 400-an yang akan hadir.

Adie : Ahh, gila nih.. Gak ada tujuan apa-apa.. dan harapan apa-apa.. cuma saya ingin wizard di Jabodetabek bisa saling mengenal sebagai teman real dan bukan di cyber saja, saya jadi panitia nobar jakarta @indocybwiz mengurus secara manual, dan sendiri, dari sekian member yang kenal saya, dan sudah mempercayakan kepada saya buat bikin acara nobar, walaupun gak banyak, karena apa? saya orang nya gak mau ribet. Intinya bisa ikut atau nggak. semua gak ada paksaan, sejauh ini masih wizard-wizard terdekat, yang akan ikut nobar, dan saya gak terlalu gembar-gembor, untuk event ini. Ini adalah nobar pertama untuk @indocybwiz yang di selenggarakan di Gandaria XXI jakarta Selatan..

Hani : Hmm, dari awal saya berniat bisa jalin silaturahmi dan bertatap muka langsung dengan para HPF dan bareng-barang menikmati filmnya dalam atmosfer HPF dengan adanya nonbar ini. Alhamdulillah setidaknya memenuhi quota kami meski tidak sebanyak nonbar yang dikota lain. Kami masih merintis karena sebelumnya ada yang pernah mencoba tapi tidak terlaksana dengan baik sebagaimana mestinya. Semoga ini lancar sampai hari H nanti.

Mutia : Tujuan dan harapan saya simple sih, ingin mendobrak seluruh pecinta Harry Potter dalam satu wadah, yaitu komunitas. Yang saya tau,komunitas Harry Potter di Surabaya ini jarang sekali kelihatan atau mengadakan acara. Nah berawal dari acara nobar ini kami panitia ingin memulainya, benar benar dari nol. Saya rasa di Surabaya belum pernah ada nobar sebelumnya, untuk kali ini sudah mencapai 90% peserta yang pasti hadir :)

Bagaimana mengumpulkan teman-teman yang mau sama-sama menjadi 'sukarelawan' untuk menjadi panitia?

Anne : Memang tidak mudah mengajak teman-teman baru untuk jadi panitia. Di IHP sendiri kami termasuk jarang merekrut panitia baru. Perlu waktu buat memilih orang yang tepat, karena bukan hanya harus jadi relawan, menjadi panitia juga berarti harus bisa bekerjasama dengan yang lain, reliable, dan bisa bertanggungjawab pada tugas kepanitiaan di setiap event yang diadakan.

Adie : Haha... Gak ada sukarelawan untuk nobar Jakarta, semua saya yang urus, semua temen-temen sudah angkat tangan dan mempercayakan ke saya *panitia alone* karena beberapa alasan, tapi gak apalah, yang penting nobar, karena sebelumnya kita sering gathering, dan sudah merasa dekat, baik di cyber, di telepon dan di dunia muggle, jadi sudah gak kaku lagi...

Hani : Lol, hahaha untuk cari panitia bener-bener gak diduga. Saya lagi stress-stress bingung nyari siapa yg mau bantu, tiba-tiba ada yang nelpon, nawarin diri padahal saya belum nanya :P, Alhamdulillah 6 orang bergabung.

Mutia : Awal mula saya mengumpulkan identitas HPF di Surabaya dengan menggunakan grup DPI (Daily Prophet Indonesia) yang saya kelola, lalu saya menghubungi mereka dan pendek cerita Yeptadian Syari a.k.a Eta, Jeviko , Nasrul serta anak-anak SMA lainnya seperti Febli, Mela, Lusi, Ica Adolfo dan kawan-kawan mau menjadi panitia event ini lalu ketambahan 1 lagi ya admin HPFI namanya Hedva, hehe. tapi sayang sekali anak-anak SMA jarang hadir karena sibuk sekolah dan Hedva juga sibuk kuliah, jadi yang paling sering kumpul ya kami berempat

Apa sih suka dukanya jadi panitia NoBar?

Anne : Suka duka menjadi panitia banyak. Kalau boleh berpendapat sih, saya lebih suka jadi panitia meski capeknya lebih double daripada cuma jadi peserta dan pulang bawa hadiah. Survey tempat, urus perijinan, meeting dengan pihak lain, dan banyak lagi yg harus dilakukan--dan sering menyita waktu dan tenaga karena harus dikerjakan di luar pekerjaan sehari-hari. Menjadi panitia selain ngumpulin capek (haha), jadi belajar banyak dari pengalaman mengatur dan berkoordinasi dengan teman-teman yang lain. Ada kepuasan tersendiri kalau hasil kerja keras kita terbayar dari muka ceria para peserta yang pulang setelah event selesai.

Adie : Gak ada kamusnya kalo saya itu suka berduka kalo menghadapi masalah, semua saya jalankan buat teman-teman sesama hobby, dan baru kali ini kok saya jadi panitia nobar Hp7 dan sendirian pula. Sebagai orang tua.. saya... harus bisa mengimbangi style member yang rata-rata masih di bawah umur, ya termasuk admin HPFI. Semua intinya... I love magic.... dan I love magic

Hani : Sukanya: heboh sendiri nyiapin mau souvenir apa, ngapain aja pas acara, jingkrak-jingkrak & girang banget pas dapet jawaban baik dari pihak bioskop hehe agak lebay. Dukanya: haha banyak juga, pas ngumpulin peserta yang mau ikut, apalagi pas ada yang ga jadi cukup banyak karena suatu masalah, jadi agak ngedown tapi Alhamdulillah ada lagi yang datang daftar.

Mutia : Suka duka nya? hehe ada sih, tapi semua dibawa have fun aja, ya kan kita mulai dari nol ya, kita ini membentuk komunitas bukannya bergabung didalam komunitas yang sudah ada, banyak sekali problem-problem, kita mendapat masalah dengan pihak radio yang tak memberi izin untuk mempublikasikan event nobar ini, harga tiket katanya sih kemahalan, tapi buat saya itu wajar karena selain tiket mereka akan mendapatkan goodie bag yang tentunya sangat menarik, kita promosi kemana-mana, FB, Twitter, bahkan poster, tapi ya kerja keras kita gak sia-sia kok, buktinya sudah banyak yg daftar. Nobar kali ini memang tidak sesukses IHP Jakarta yang berdirinya aja udah taun 2000-an *saya masih SD :(* tapi dengan kerja keras dan tekad HPF SBY Pasti BISA !

Menurut anda, apakah film ini akan menjadi film yang berbeda dari film sebelumnya? Karena seperti kita tahu, beberapa adegan film ini tidak hanya diambil di dalam set, tapi juga di luar set.

Anne : Soal film, saya tidak bisa banyak komentar, karena saya bukan pengamat film. Sebatas nonton untuk membandingkan dengan isi buku saja.

Adie : Saya tidak pernah melihat sisi baik dan sisi buruk dari sebuah film, tapi saya selalu mencari makna yang tersembunyi dari film itu, dan semua film yang pernah saya lihat semua bagus, dan sudah tentu jalan ceritanya juga bagus. Jadi saya gak pernah mempermasalahkan apa lah itu, yang penting satu di Jakarta di putar secepatnya dan saya menjadi orang pertamax untuk menonton Hp7 PERDANA.

Hani : Iya ini bakal sangat jauh berbeda, akan benar-benar sangat gelap dan penuh emosional, ga tau kenapa mengingatkan saya dengan LOTR The Lowers & Return of the King dimana Frodo & Sams melakukan perjalanan tuk menghancurkan ring menuju moiuntain of fire di mordor. kecekaman, terisolasi dari dunia luar, gelisah frustasi, kelegaan dan senyuman-senyuman kecil, suasana yang sama persis bakal terjadi di DH Part. 1 ini menurut saya :) Film ini benar-benar meningkatkan dari berbagai segi sejak 6 film yang lalu.

Mutia : Hmm... Apapun adegan filmnya saya tetap suka, meskipun ada bagian yang dihilangkan atau tidak, film ini pastilah berbeda :)

Sampai saat ini, film Harry Potter mana yang jadi film favorit anda? dan kenapa anda menjadikan film tersebut menjadi favorit anda?

Anne : Untuk film favorite, saya suka film Hp3. Alfonso Cuaron menurut saya keren sekali menggambarkan proses Time Turner bekerja.

Adie : Wes..."Meteolojinx Recanto"!! *mendung*. Seperti saya bilang.. semua seri epilogi HP bagus semua, dan bisa di nikmati, saya menikmati film HP ini hanya ingin merasakan imajinasi saya masuk ke dunia HP dan bukan untuk menjadikan satu sekuel menjadi favorit... Karena saya suka film-film berat, petualangan, trilogi, dan ada makna peradaban manusia di balik film itu terutama film HP. Nah dari sekian jawaban saya intinya.. I love Magic, I love magic, I love magic, I love magic, I love magic. Nah... Jangan ngaku-ngaku Cyber Wizard kalo belum punya magic wand! Syarat wajib buat para Harry Potter Freakers untuk punya magic wand, bisa di pesan di saya Ilumiantion Magic wand art hand made bisa di cek disini.

Hani : Hmm, film favorit ada 2 : Chamber of Secret dan Prisoner of Azkaban. Chamber of Secret saya suka karena paling mendekati kisah dibuku dibanding 6 film lainnya.(gara-gara Ginny tokoh favorit saya banyak berperan juga di film ini hehe xP)
Hmm, pengarahan sutradara Alfonso Cuaron merubah dunia Harry Potter beranjak gelap dan bukan film anak-anak yang memanjakan lagi di POA benar-benar bagus. Dementor karya beliau yang paling mengerikan & memberi rasa takut seperti dibuku buat saya. meski pada dasarnya tiap-tiap sutradara punya ke-khas-an karya tangan-tangan mereka sendiri.:))
Oh dan Knight Bus oke banget, satu-satunya penampakan Knight Bus hanya di Hp3 ^^

Mutia : Sampai saat ini saya lebih suka film pertama, karena itulah pertama kalinya saya takjub dengan dunia Harry Potter dan ketika saya melihat film yang ke 6, ada bagian yang selalu membuat saya sedih, secara tidak langsung film itu lebih mendekatkan kita kepada ending filmya, nah meskipun film Hp7 ini semakin dekat dan menyedihkan tetapi tetap selalu dinanti untuk ditonton :)

Harry Potter and the Deathly Hallows Part. I, sebuah film yang diadaptasi dari novel karangan J. K. Rowling, menceritakan tentang perjalanan Harry, Ron, & Hermione untuk mencari dan memusnahkan Horcrux milik Pangeran Kegelapan, Lord Voldemort. Kementrian Sihir berhasil dikuasai Voldemort dan itu membuat Harry, Ron, & Hermione semakin sulit mendapatkan tempat yang aman,  Dalam film ini dunia sihir semakin mencekam dan lebih berbahaya dari sebelumnya.

Hanya tinggal beberapa hari lagi, film Harry Potter and the Deathly Hallows Part. I akan dirilis di Indonesia. Jadi, apakah benar bahwa film ini akan menjadi film Harry Potter yang paling beda dari seri sebelumnya? Kita lihat saja nanti.

3 komentar:

  1. pls i need information details contact MUTIA - Surabaya...

    mail me : rendra.bachtiar@grandcitysurabaya.com

    BalasHapus
  2. gimana caranya untuk ikut gabung di HPFI jakarta? pengen bgt ikutan dalam komunitas HP.. dari HP awal nongol, gak pernah absen ikutin beritanya.. hehe..
    please email me at rubymartha@yahoo.com.. thank you =)

    BalasHapus
  3. HPFI hanya ada satu dan anggotanya mencakup seluruh Indonesia, tidak dipisah-pisahkan berdasarkan kota. Gru HPFI adl grup online yang belum pernah mengadakan acara offline.
    Bergabung di Grup HPFI gampang bangt, join aja di Facebook :)

    BalasHapus

Tuliskan komentar kamu untuk artikel ini...
PERHATIAN! Harap cantumkan nama saat memposting komentar!